PcBongkar PcBongkar Author Saya seorang ank manusia yang ingin menggapai semua mimpi2 yang slalu saya ciptakan
Title: Memperbaiki Windows dengan CD Windows XP
Author: PcBongkar
Rating 5 of 5 Des:
K orup intalasi windows dapat membuat kita frustasi. Bayangkan saja jika kita memiliki data penting yang masih tersimpan di Hardisk tempat k...
Korup intalasi windows dapat membuat kita frustasi. Bayangkan saja jika kita memiliki data penting yang masih tersimpan di Hardisk tempat kita melakukan instalasi system. Kasus ini sering terjadi pada saya. Makanya saya anjurkan akan kalian membagi hardisk menjadi beberapa bagian. Dengan tujuan agar kita tidak perlu lagi merasa frustasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi untuk kalian yang belum sempat membagi hardisk kalian dan mendapat kasus seperti ini, jangan panic. Tetap tenang dan pelajari cara untuk menghindari kehilangan data anda dengan cara memperbaiki Windows dengan CD.


Langkah 1
Masuk di BIOS, dengan tujuan mengkonfigurasi computer untuk boot dari optical drive/CD-room. Cara masuk di BIOS adalah: pada saat tombol power dihidupkan, perhatikan pada bagian kiri bawah layar monitor. Ada tulisan “PRESS DEL TO ENTER BIOS”, jika muncul tulisan seperti ini. Segera tekan tombol “delete” pada keybord. Gimana, sampe di sini udah mengerti? Ini pasti mudah dilakukan. Jika anda masih binggung dapat mengunjungi web produsen computer untuk instruksi masuk ke BIOS. Setelah masuk BIOS, hal yang anda lakukan adalah merubah urutan boot.

Contoh sebelum:
First Boot = HDD(Hardisk drive)
Secondary boot = CD

Contoh sesudah:
First Boot = CD
Secondary boot = HDD(Hardisk drive)

Setelah computer sudah dikonfigurasi untuk boot dari CD, masukkan CD Windows XP ke dalam CD-room, save settingan anda dan hidupkan ulang computer.

Langkah 2
Jika computer sudah dihidupkan kembali, nantinya anda dapat perhatikan pada layar monitor bertuliskan “PRESS ANY KEY TO BOOT CD”. Tekan sembarang tombol apa saja dengan cepat untuk boot dari CD, karena anda akan hanya memiliki beberapa detik sebelum pilihan menghilang dan Windows XP akan me-load seperti biasanya. Jika anda terlambat untuk menekan sembarang tombol, hidupkan kembali computer. Dan kembali lakukan hal tadi dengan benar

Langkah 3
Windows XP setup akan mulai secara otomatis, biarkan hal ini berlangsung. Setelah proses load dari CD selesai. Anda akan melihat tiga pilihan, salah satunya adalah “To setup Windows XP now, press ENTER." Jangan tekan tombol enter, tapi tekan tombol “R” untuk masuk ke recovery console (konsep pemulihan)

Langkah 4
Konsep pemulihan akan berjalan. Pilih versi windows yang ingin anda perbaiki dan tekan enter.
Selanjutnya ia akan meminta password administratot. Jika tidak menggunakan password administrator, biarkan kosong dan tekan enter.

Langkah 5
Anda sekarang berada pada prompt perintah. Masukkan perintah “bootcfg” tanpa tanda kutip lalu tekan enter. Ini akan membuka program bootcfg dan memperbaiki kesalahan pada di file boot.ini, file penting yang secara berkala akan menjadi korup, sehingga diperlukan perbaikan.

Langkah 6
Setelah anda menerima prompt bahwa program bootcfg selesai, ketik “chkdsk / r” tanpa tanda kutip dan tekan enter. Ini adalah load program chkdsk yang mengatur agar hardisk mengambil kembali data-data yang dianggap korup. Proses chkdsk ini biasanya memakan waktu paling lama 2 jam.

Langkah 7
Setelah scan chkdsk selesai, restart computer anda. Jangan boot ke CD lagi. Biarkan windows berjalan. Jika Windows tidak dapat berjalan dengan normal. Restart computer anda dan coba lakukan penginstalan Windows dari awal,tapi hal ini akan menghapus semua data yang tersimpan di hardisk tempat anda menginstal system. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi, matikan computer lalu cabut hardisk anda dan bawa ke teman yang mengerti computer untuk disambungkan ke komputernya dan mengamankan data-data anda.

About Author

Advertisement

Posting Komentar Blogger

Enter your comments using the word good and true. Suggestions and criticisms so I expect you. Thanks

 
Top